Cara Memandikan Musang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Halo teman-teman pecinta musang diseluruh dunia. kali ini ane akan membahas tips dan trik cara memandikan musang yang baik dan benar.. haha kayak udah paling bener aje ya vroh :D

Disini ane mau ceritain dulu sedikit pengalaman ane memandikan musang, dulu waktu awal ane melihara si musang itu susah banget gan buat mandiin musang, pasti ane punya banyak banget bekas cakaran ditangan ane oleh kuku-kuku nya musang ane, soalnya ane belum bisa banget mandiin musang ane yang udah gede. Kalo dulu sih waktu masih bayi, ane cuman pake kain basah trus ane lap'in aja deh si musang kesayangan ane itu pake lap itu trus ane kasih minyak kemiri buat nambahin perawatan musang ane, ntar ane juga bakal share gimana cara merawat bulu musang biar sehat, bagus dan mengkilat [ udah kayak botak aja ya vroh, Mengkilat ]

Setelah ane tanya sama temen-temen komunitas Musang Lovers Pekalongan [ MUSTIKA ] ada banyak ilmu yang ane terima, khususnya cara memandikan musang kesayangan ane ini. Dan nggak lupa sambil browsing - browsing di mbah gugel ane banyak nemuin ilmu-ilmu baru gimana caranya memandikan musang yang baik dan benar :D boomm....!!!

Tanpa berbasa - basi lagi gini nih caranya memandikan musang yang baik dan benar.
Pertama, kalian harus persiapkan dulu alat & segala sesuatu yang harus kalian siapkan untuk memandikan musang kesayangan kalian



Peralatan yang harus disiapkan :

  1. Sampo khusus kucing, bisa dibeli di petshop terdekat. Bisa juga diganti dengan sampo bayi yang tidak pedih di mata [ kalo ane pribadi sih biasa pake shampo bayi vroh ].
  2. Hair lotion untuk bayi [ atau pake minyak kemiri ].
  3. Air dari keran yang dialirkan selang. Bisa juga menggunakan gayung.
  4. Sarung tangan dari bahan kain tebal (jika diperlukan, ane sendiri nggak perlu sih hehehe).
  5. Kandang kotak besi buat naruh musang nya, jangan lupa tatakan nya dilepas.
  6. Handuk.
Waktu yang tepat untuk memandikan musang:

Waktu yang tepat untuk memandikan musang adalah pagi hari, sekitar jam 7 hingga jam 9 pagi hari. Hal ini karena musang akan dijemur setelah di mandikan. Selain dapat memberikan asupan vitamin D, penjemuran juga berguna untuk membunuh sisa-sisa bakteri dan jamur yang mungkin saja masih tersisa di tubuh musang.

Tata Cara Memandikannya :
  1. Lepaskan dasar kandang musang, lalu pindahkan kandang musang ke ruangan tempat memandikan musang. Tapi sebelum itu ane biasa nya memotong kuku musang ane dulu vroh biar ntr pas ane gosok - gosok si musang nya, tangan ane nggak kena cakaran kuku musang ane yang masih tajem.
  2. Langsung siram musang di dalam kandang dengan air hingga rata. 
  3. Tuangkan sedikit sampo kucing ke tangan anda, lalu gosok perlahan ke tubuh musang hingga merata dan berbusa. Jika musang masih galak atau semi jinak, anda bisa menggunakan sarung tangan. Saya lebih menyarankan anda untuk tidak menggunakan sarung tangan. Hal ini dikarenakan banyak musang yang 'agak sentimen' dengan sarung tangan. 
  4. Bilas tubuh musang hingga semua sisa sampo bersih, jangan lupa lubang anus sama kelamin ikut dibersihkan juga vroh, ane biasanya gitu sih biar bersih total. Kemudian dihandukin tuh musangnya vroh biar nggak terlalu basah saat kita menjemur musang nya. dipengalaman teman-teman komunitas menjemur musang terlalu lama bisa menyebabkan mata katarak. Lalu jemur di terik sinar matahari hingga setengah kering.
  5. Setelah setengah kering, pindahkan musang ke tempat teduh, lalu usapkan hair lotion ke tubuhnya hingga merata. 
  6. Jemur kembali musang kira-kira 5 menit [ ane sih nggak jemur lagi vroh ] tapi terserah kepercayaan masing - masing owner saja.

Naahh itu lah sedikit pengalaman ane tata cara / tips dan trik memandikan musang kesayangan ane vroh, silakan bisa dicoba dirumah dengan musang kesayangan kalian semoga artikel ini sedikit banyaknya bisa membantu kalian para Musang Lovers. Matur Nuwun

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

1 komentar: