4 Jenis Kucing Yang Paling Digemari Di Indonesia

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Di dunia ini, dari berbagai macam hewan peliharaan, kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Tampangnya yang imut, bulunya yang lembut, ditambah dengan tingkah lakunya yang lucu dan mudah menurut, adalah beberapa faktor yang membuat banyak orang jatuh cinta pada hewan satu ini. Dari berbagai macam jenis ras kucing, ada beberapa jenis kucing yang ternyata banyak digemari di Indonesia, lho! Secara khusus, Blog Hobi Gue sudah merangkumnya untuk kalian gaes, mari simak secara detail apa yang sudah ane rangkum disini gaes. Inilah 4 jenis kucing paling digemari di Indonesia!
  • Kucing Kampung
pic : blog kucing domestik
Jenis kucing ini juga banyak disebut ‘kucing kampung’. Meski seringkali sebutan itu ditujukan pada kucing-kucing liar yang banyak berkeliaran di kampung dan komplek perumahan, namun ternyata kucing ras asli Indonesia ini banyak digemari para cat lovers. Secara fisik, memang kucing jenis ini terlihat biasa saja, bahkan tak secantik kucing-kucing berbulu lebat lainnya. Namun ternyata, kucing asli Indonesia yang juga sering disebut dengan ‘Kucing Jawa’ ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibanding kucing jenis Anggora maupun Persia. Karena produk Indonesia asli, kucing jenis ini lebih mudah beradaptasi di lingkungan manusia, meski tak bertuan. Sering lihat kan gaes dilokasi kalian tinggal pasti banyak sekali jenis kucing ini berkeliaran tanpa tuan, tapi mereka bisa bertahan hidup dengan cari makan sendiri.
  • Kucing Anggora
pic : kucingpedia
Jenis kucing ini terkenal sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Nama Anggora diambil dari daerah asalnya, yaitu Angora, salah satu wilayah di Turki. Sejak 1930, nama wilayah Angora berubah menjadi Ankara. Ciri menonjol dari kucing Anggora adalah tubuhnya ramping, panjang, dengan kaki dan ekor yang panjang. Kucing Anggora juga dilengkapi dengan bulu-bulu panjang yang cantik dan hidung mancung elegan. Kucing Anggora asli hanya memiliki warna putih di tubuhnya dengan mata biru, namun saat ini jenis kucing ini memiliki beberapa varian warna seperti hitam, coklat, dan blangtelon (tiga warna). Kucing Anggora juga dikenal energik dan mudah beradaptasi dengan pemiliknya. Di Indonesia banyak sekali jenis kucing ini di perjualbelikan di pasar hewan gaes, di Kota Pekalongan juga banyak petshop yang menjual kucing jenis ini.
  • Kucing Persia
pic : catlovers.id
Sesuai namanya, moyang kucing ini berasal dari Persia (sekarang bernama Iran). Dari catatan sejarah, dikatakan bahwa jenis kucing ini ditemukan pada 1600 SM. Sama seperti Anggora, kucing Persia juga memiliki bulu yang lebat, panjang, dan cantik. Ukuran tubuh kucing Persia lebih gemuk dibanding kucing Anggora, dengan kepala bulat, moncong pendek, dan hidung lebar serta pesek. Rahang kucing Persia juga terkenal kuat dan besar, sehingga membuatnya terlihat chubby menggemaskan. Pembawaan kucing Persia tenang, tidak berisik, dan lebih suka berada di dalam rumah. Kucing Persia juga dikenal dengan sifatnya yang manja dan dekat dengan anak-anak. Yang ane tahu ada 2 jenis kucing persia yang populer di Indonesia gaes, ada Persia Medium, Persia Longhair, Persia Himalayan.
  • Kucing Maine Coon
pic : kucinggaul
Bulu yang sangat tebal dan anti air merupakan ciri utama kucing jenis Maine Coon. Karenanya ia sering mendapat julukan kucing salju. Nama “Maine Coon” didapat dari “Maine” yang merupakan daerah asal kucing ini, yaitu negara bagian Maine, Amerika Serikat; dan “Coon” yang diambil dari kata ‘raccoon’ (musang) karena ekor kucing ini mirip ekor musang. Secara fisik, kucing Maine Coon terkenal memiliki ketahanan tubuh yang sangat kuat, sehingga dapat bertahan di cuaca ekstrim sekalipun, karena ia cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Kucing ini bersifat aktif, senang berada di sekitar pemiliknya, dan senang tidur di pangkuan, juga senang diajak bermain. Jenis kucing ini adalah jenis terbesar dari beberapa jenis kucing yang sudah ane sebutkan diatas gaes, Di Indonesia juga banyak para pecinta cat lovers yang memelihara bahkan breeding (ternak) kucing jenis ini. Harganya juga lumayan mahal gaes dari sekian jenis kucing yang populer di Indonesia ini.

Demikian gaes ulasan yang bisa ane sampaikan mengenai 4 jenis kucing yang paling digemari di Indonesia, dan masih banyak lagi gaes jenis kucing yang ada di Indonesia. Tapi cukup segitulah yang bisa ane sampaikan mengenai jenis Kucing Yang Paling Populer di Indonesia.


Wa'alaikumsalam Wr. Wb

0 komentar