Makanan Musang Rase

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Momo (Owner Ahmad Sony) Anggota MUSTIKA
Pada kesempatan kali ini ane akan membahas makanan musang rase, dari semua teman-teman disini pasti kebingungan mengetahui makanan rase ini. Kalian juga mungkin merasa kesulitan ketika mengadopsi rase, dan rase juga terkadang susah untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dikarenakan dia rentan mengalami kematian.

Baca Juga : PERBEDAAN MUSANG PANDAN DAN MUSANG RASE

Rase sebenarnya bisa kita pelihara sebagai hewan peliharaan yang baik dirumah, apabila kita bersabar dan telaten dalam merawatnya. Rase bisa sangat menyenangkan sebagai teman bermain dirumah, dia mempunyai karakter yang pintar dan sangat suka berinteraksi dengan ownernya dan lingkungan tempat dia tinggal, berikut ini salah satu cara memelihara dan merawat rase dari baby sampai usia dewasa.

Baca juga : CARA MEMBEDAKAN MUSANG JANTAN DAN BETINA

Sebagian besar pengalaman pribadi, selebihnya info-info yang saya dpat dari teman-teman MLI yang lain, terutama kepada semua anggota MUSTIKA (Musang Batik Pekalongan). Silakan dibaca, dipahami dengan seksama ya gaes agar kalian nantinya tidak kebingungan ketika kalian akan memilih musang rase ini sebagai hewan peliharaan kalian dirumah.

Pada postingan ane yang ini kalian bisa lebih memahami bagaimana Tips dan Cara Memelihara Musang rase silakan baca DISINI

Langsung saja ane share Makanan dari Musang Rase ini dari umur 0 bulan (maksutnye masih umur mingguan gaes) sampai dewasa (sekitar 5 Bulan - Selesai :)
Foto dari group MUSTIKA
  • Umur 0-1 Bulan
    full susu. Susunya bubuk vanilla, disepet pakai dot kecil untuk hewan, atau suntikan yg jarumnya diganti pentil ban sepeda dan dilubangi. Pemberian susu yang baik setiap 4 jam sekali secukupnya. 
  • Umur 1,5-2 Bulan
    Makanan halus (ati ayam, telur, cat food, dog food, dihaluskan) campurkan sedikit ke susunya, secara bertahap ditambah takarannya. Umur 2 bulan mulai bisa makan sendiri.
  • Umur 2,5-3 Bulan
    Perkenalan makanan bertekstur, untuk melatih rahang dan gigi (ceker, kepala ayam, telur, ati. Dipotong kecil-kecil supaya mudah dikunyah. Bisa dicampur nasi). Untuk snack atau cemilannya buah (pisang, papaya dll.) dan serangga (jangkrik, ulat hongkong, dll).

    BACA JUGA : MENGOBATI BAYI MUSANG BERJALAN MUNDUR
  • Kebanyakan orang mengadopsi rase yang berusia 2-3 bulan karena termasuk mudah untuk menjinakkannya dan tidak terlalu repot perawatannya. Namun sayang banyak seller yang sembarangan memberi makan rase hanya dengan buah-buahan, sehingga si rase tidak suka makanan yang mengandung unsur hewani. Padahal ini adalah masa pertumbuhan, rase butuh gizi yang banyak. Jika diteruskan memberi makan rase hanya dengan buah, pertumbuhannya akan terhambat bahkan bisa mati.
    Salah satu cara membuat rase mau makan daging yang saya dapat dari Group atau Forum Musang Lovers adalah dengan metode puasa. Jangan kasih makan sama sekali selama seharian, cukup sediakan minum. Setelah sehari, baru kasih makan sesuai yang seharusnya. Teorinya adalah karena lapar, si rase akan makan apa saja yang disediakan. Baca Juga : CARA MERAWAT BAYI MUSANG PANDAN
  • Umur 4 Bulan-dewasaSemua bagian ayam-termasuk telurnya, cat food/dog food basah/kering, ikan. Bisa campur nasi. Saya disini tidak menganjurkan rase untuk diberi makanan hidup seperti tikus putih, bebek, ayam (dalam keadaan hidup). Mungkin karena disini ane membahas makanan yang cocok dan pantas ketika musang rase kita pelihara dirumah, maksut ane biarlah sedikit sifat buasnya kita kurangi (bukan dihilangkan yaaa) dengan cara TIDAK MEMBERI MAKAN MUSANG RASE MAKANAN DALAM KEADAAN HIDUP yang sebagian sudah ane sebutkan diatas.

Foto dari group MUSTIKA
Sebenarnya hal yang ane sebutkan diatas bukanlah hal yang PAKEM untuk kalian lakukan ketika memelihara musang rase, tapi alangkah baiknya jika kalian memelihara musang rase gunakan metode atau macam makanan yang ane share diatas.



Kecuali jika kalian mempunyai rencana untuk melepasnya kealam liar setelah dewasa kelak, maka ane bakal nyaranin banget kalau si rase ini harus dilatih untuk memakan makanan hidup, karena setelah kalian melepasnya ke alam liar, maka besar kemungkinan si rase ini akan bisa bertahan hidup dialam liar.

Baca Juga : TIDAK ADA MUSANG YANG JINAK TOTAL


Wa'alaikumsalam Wr. Wb

0 komentar