Perbedaan Musang Pandan dan Musang Rase

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hay guys ketemu lagi sama ane, kali ini ane mau bahas perbedaan musang pandan sama musang rase.
Nggak usah basa basi ah guys, langsung aja ya mari kita simak bersama-sama guys :D

Membedakan musang rase dengan musang pandan
Bedanya musang pandan dan musang rase tersebut bahkan bisa dilihat secara fisik. Bagi anda yang ingin mencoba memelihara musang rase, anda bisa membaca artikel saya mengenai Tips dan Cara Memelihara Musang Rase, dan bagi anda yang ingin memelihara musang pandan, anda bisa membaca artikel saya tentang Cara memelihara Musang pandan.

Baca juga : 5 Ciri Musang Birahi

Kembali lagi ke bahasan kita. Musang rase dan musang pandan bisa dibedakan dengan sangat mudah. Dan berikut adalah penampilan musang rase dan musang pandan secara visual:


Musang Rase
Foto By : Mustika [Musang Batik Pekalongan] 

Musang Pandan
Foto By : Mustika [Musang Batik Pekalongan] 

Dari kedua foto musang di atas, dapat dilihat bahwa musang rase amat berbeda dengan musang pandan. Perbedaan tersebut antara lain:



  1. Moncong musang rase cenderung lebih panjang dan lebih runcing dari musang pandan. Warna ujung hidung musang rase juga relatif lebih gelap dibandingkan musang pandan.
  2. Ekor musang rase lebih pendek daripada musang pandan.

    Baca juga : Makanan Musang Rase
  3. Perbedaan corak bulu pada musang rase dan musang pandan. Musang rase memiliki corak hitam putih belang-belang, sementara musang pandan biasanya polos berwarna hitam, terkadang ujung ekor musang pandan ada yang berbulu putih (musang pandan ekor putih).
  4. Musang rase termasuk karnivora atau pemakan daging, sementara musang pandan termasuk musang omnivora atau pemakan segalanya.
Baca juga : cara memandikan musang

Baik musang pandan atau musang rase memiliki kelenjar bau di balik kulitnya. Namun, bau yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut berbeda. Pada musang pandan, bau yang dihasilkan cenderung berbau seperti pandan. Sementara, pada musang rase, bau yang dihasilkan tidak seperti bau pandan. Bau yang dihasilkan oleh musang pandan cenderung lebih wangi dibandingkan bau yang dihasilkan musang rase. Mengutip sumber dari Wikipedia, musang rase biasanya banyak diburu karena sering dianggap sebagai hama serta sering diambil minyaknya.

Baca juga : mengatasi musang mencret

Dan itulah sedikit ilmu yang bisa ane bagikan guys, Perbedaan Musang Pandan dan Musang Rase. Dilihat dari visualnya saja kita semua sudah tau ya guys. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya guys.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

3 komentar