Cara Membedakan Antara Jinak Dan Bonding Pada Musang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ciri-Ciri Musang yang Jinak Total:

bulbul ketika masih kecil bersama mama nya :D
Musang jinak total, merupakan fase dimana musang sudah mulai terbiasa dengan manusia, di sudah mengenali atau mengetahui owner nya, tetapi musang yang jinak total sewaktu-waktu bisa berubah karakter nya menjadi semi jinak atau bahkan menjadi galak seperti semula, jika kita sudah jarang menghendle nya lagi. 


Musang yang jinak total adalah musang yang dipelihara semenjak bayi atau kecil yang tumbuh dengan anda yang selalu ada dan merawatnya, sehingga musang peliharaan anda dengan sendirinya akan menganggap anda seperti induknya sendiri. Jadi jika anda memelihara musang semenjak bayi atau kecil kemudian tumbuh menjadi besar, jinak dan bonding itu adalah hal yang wajar. Untuk tambahan catatan kita ya gaes, nggak semua musang yang kita pelihara dari bayi bisa bonding terhatap kita gaes jika kita tidak mengajarinya agar bisa jinak ke semua orang dan bisa bonding terhadap kita (owner).

Baca juga : Tidak Ada Musang Yang Jinak Total

Ada pun ciri-ciri musang yang jinak total adalah seperti berikut:
  • Mau untuk disentuh atau dipegang baik didalam kandang maupun diluar kandang ataupun ketika diajak main diluar kandang dia tetap stay cool aja tuh nggak akan berontak sama apa yang udah kita lakuin ke mereka, contohnya kita elus ataupun kita ajak bercanda saat dipangkuan ataupun didalam kandang.
  • Mau digendong, dan pendiam
  • Musang yang jinak total, ia menggigit tidak sampai bolong ataupun berdarah ,tetapi hanya meninggalkan bekas sedikit ( Gigit Bercanda )
  • Kalo lagi tidur dia kita pegang dia bakal stay pada posisinya , mau kita apain aja bakalan tetep aja deh begitu.
  • Emosinya stabil dan mudah ditenangkan kembali.
  • Anteng dan tidak melarikan diri pada saat digendong.
Musang jinak ialah musang yang sudah terbiasa dengan lingkungan hidupnya yang baru, musang jinak juga mempunyai mindset yang sudah terbiasa dengan manusia musang sudah nyaman, sudah mengenal maka musang tersebut pun akan merasa aman dan jadi tidak akan ada niatan untuk musang menyerang lagi alias (jinak).


bulbul masih bayi digendong sama mama
Yang paling utama harus di lakukan ketika hendak menjinakkan musang kita perlu merubah mindset dari musang tersebut. Jadi yang bisa kita lakukan untuk menjinakkan musang dengan cara menunjukkan ke musang bahwa kita (owner) tidak ada niatan jahat, dan tidak akan menyakiti musang tersebut. Tunjukkan perhatian anda ke musang dengan cara memberikannya makan tepat waktu, kontak langsung dengan mengelus2nya, dan merawatnya dengan baik.


Bagi yang memelihara musang pasti sering bertanya tanya tentang hal ini? Memang sih musang yang sudah kelihatan nurut dan tidak mengigit serius lagi, sudah bisa dikatakan jinak. Tetapi anda harus mengetahui musang anda benar benar jinak atau hanya berpura-pura jinak. Karena jelas akibatnya, musang yang jinak total tidak akan menggigit dengan serius walaupun dalam keadaan apapun dan tidak akan kabur. Sedangkan musang yang masih berpura-pura jinak akan cenderung berubah sifat ketika dalam keadaan yang ramai dan keadaan itu akan membuat si musang menjadi stress dan akan berusaha kabur dari kerumunan orang. 


Ciri-ciri Musang Bonding :

Musang disebut jinak jika ia tidak lagi menggigit manusia yang memegangnya. Sedangkan, musang dikatakan bonding apabila ia sudah percaya 100% kepada ownernya. Ia tidak lagi menggigit, tidak segan-segan untuk tidur di pangkuan pemiliknya, dan tidak kabur saat dilepas di dekat pemiliknya. 


Musang bisa dikatakan bonding ketika musang dilepas ditempat terbuka maka si musang akan mendekati owner bahkan jika owner menjauhi si musang, tanpa berfikir panjang maka simusang akan mengejar si owner kemanapun arah owner pergi, itu bisa dikatakan kalau si musang bonding kepada owner 100 %.


UNTUK MELIHAT VIDEO MUSANG PANDAN BONDING KALIAN BISA LIHAT DISINI GAES


Dari arti jinak dan bonding diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bonding sudah berarti jinak, tapi jinak belum tentu bonding. Musang bisa dikatakan bonding adalah ketika owner mengajaknya main atau keluar rumah, maka musang tidak akan kabur kemana-mana bahkan akan terus mendekati si owner.

Demikianlah yang bisa ane share kali ini gaes tentang cara membedakan antara jinak dan bonding pada musang, barangkali ada masukkan atau kritik buat coretan ane ini gaes. terima kasih sudah mau membaca coretan ane ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar