Cara Menjinakkan Musang

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo Teman-teman ketemu lagi dengan ane Aa' Weikath :D
kali ini ane mau sedikit share gimana cara nya menjinakkan musang yang galak, yang pasti ane sudah pernah melihara musang liar dan ane jinakkin sendiri dengan bantuan teman-teman dari MUSTIKA [ Musang Batik Pekalongan ] dengan cara yang mereka kasih tau ke ane, sekarang yaahh walaupun nggak maksimal tapi ane udah bisa "ngelus" kepala si Musang, pegang badannya, sampe ane gendong. Itu semua yang jauh dari saran temen-temen dari Mustika :D Ok, nggak usah bertele-tele lagi ya guys langsung aja ke pokok permasalahannya :

baca juga : Cara Memandikan Musang

Cara yang ane pakai untuk menjinakkan Musang :
  1. Memandikannya, ngasih makan dgn tangan, memandikan seminggu pertama hampir setiap hari 1-2x sikat pakai sikat wc,krna klu dgn tangan nggak mungkin:).
  2. Ngasih makan, pepaya irisan kecil2 banyak (biar waktu interaksi lama),jadi usahakan setiap ngasi pepayanya dia memandang kita & turutin sehari2-4x.
  3. Lakukan terus menerus handfeed [ngasih makan dengan tangan] dan memandikan, setelah itu ngasih makan & trus usap bagian kepala(pintu kndang terbuka),lakukan terus selama beberapa hari..no gloves! [sarung tangan kulit] alasanya glove kadang membuat trauma hewan.
  4. Setelah hal itu dilakukan dlm waktu seminggu-kurang, baru tambahkan mengelus bagian leher kebelakang,lakukan terus saat memberikan makan.
  5. Handfeed pancing dia keluar kandang, atau kaki depan diluar kandang, lakukan terus sampai dia mau, pancing makanan, lakukan berulang beberapa hari. (kandang dekatkan dgn kramaian/yg dilewati org, bila bisa anggota keluarga ngasih makan juga).
  6. AJAK NGOMONG,SAYANGI DIA:) angap aja pacar [yang jomblo pas tuuhh], teman & pets kesayangan. sambil ngasih makan. panggil nama/kasi nama buat pets kalian.
  7. baru keluarin dr kandang pelan - pelan, sabar penuh kehati2an dan kasih sayang, ngasih makan juga ya dlm kondisi ini. bila mau pakai gloves sambil di elus diluar kandang, pegang buntut dan angkat JANGAN KE PUNDAK ATO POSISI DIGENDONG!TIDAK DISARANKAN.. ANGKAT TURUNIN LG BIAR DIA MERASA NYAMAN N TIDAK KAGET, TRIK INI DILAKUKAN TERUS selama beberapa hari
  8. Note : lakukan cara nomer 7 penuh kehati - hatian, kepercayaan diri. jangan sampai musang belum jinak dengan ente, tapi sudah berani mengendong nya, keep safety ya guys.





Setelah itu, baru insting ato kitanya bisa menilai sendiri apakah musang kita bisa untuk di handle/diangkat di gendong di ajak jalan dll, karna dlm beberapa minggu/waktu kita &musang bisa mengenali karakternya. menjinakan juga tergntung karakter dan CARA KITAMENJINAKAN:)..kesabaran, wktu dan ketelatenan, niat itu juga dibutuhkan dlm handling & taming musang:). semua langkah yang ane lakukan juga melalui proses yg nggak instant, Atas bantuan dan masukan teman2, Dan pengalaman pribadi juga berperan serta dlm menjinakan. Semoga membantu. Saya hanya sharing, karna ilmu itu harus dibagi secara ikhlas:)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

0 komentar