Penyebab Musang Katarak dan Infeksi Mata dengan Panduan Cara Mengobatinya

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sobat pecinta hewan khususnya hewan musang. Kali ini ane akan memberikan cara untuk mengobati musang yang terkena katarak. Pada awal mulanya musang terkena katarak akibat kandang yang kurang terawat kebersihanya alias kotor, jarangnya musang sobat di mandikan dan di lap kalau masih beby, terlalu sering terkena sinar lampu dan matahari, dan tidak seimbangnya asupan gizi ketika pemberian makan pada musang.

Baca juga : CARA MERAWAT BAYI MUSANG PANDAN

Cara Mengobati Katarak Pada Musang 
  1. Setiap pemberian makan pada musang Batasi makanan musang yang mengandung protein yang sangat tinggi seperti : Susu, kaki ayam, dan pala ayam rebus.
  1. Beri makanan musang cukup buah-buahan yang segar seperti : pepaya, minyak ikan, pisang dan air minumnya cukup air putih sehingga katarak pada mata si musang akan cepat membaik.

    Baca Juga : CARA MENGOBATI MUSANG BERJALAN MUNDUR
  2. Ketika musang dalam proses penyembuhan awasi setiap hari perkembanganya. Jika dalam kurun waktu 1 bulan tidak ada perkembangan baik, segeralah musang sobat bawa secepatnya ke Dokter hewan terdekat.
Baca juga : CARA MEMBEDAKAN ANTARA JINAK DAN BONDING PADA MUSANG

KATARAK adalah terlihatnya warna putih/abu pekat pada kornea mata bagian dalam, karena lensa mata yang menebal dan keruh Biasanya akan terlihat jelas putihnya pada sore hari menjelang gelap, karena pupil (irish) mata melebar/membesar sehingga terlihat bagian dalam mata. Di siang hari akan hilang karena pupil mata mengecil/memyempit.

Baca juga : CARA MEMELIHARA MUSANG AKAR UNTUK PEMULA

INFEKSI MATA adalah gejala yang terlihat adanya kotoran mata(belek), mata yang membengkak, mata yang menyipit, kelopak mata yang lengket karena cairan dari kotoran mata, bahkan goresan pada selaput kornea mata karena terkena kuku.

Penyebab katarak

Ada beberapa faktor penyebabnya, seringkali terjadi pada musang di bawah usia 6 bulan. Penyebabnya karena kurangnya unsur vitamin A (Retinol) yang parah sehingga menyebabkan retina dan lensa mata menebal dan terlihat memutih, faktor pemicu lain adalah musang terlalu sering terpapar cahaya yang menyilaukan mata sehingga menyebabkan penebalan (kabut) pada selaput kornea mata maupun bagian dalam pupil pada lensanya menebal juga.

Baca juga : MENGENAL MUSANG TERBESAR BINTURONG

Pengobatan katarak

Berikan vitamin A 6000iu (Bisa kalian beli diapotik gaes), 1/2 tablet saja seminggu sekali , untuk hariannya berikan 1-2 butir minyak ikan, serta dengan pemberian buah2an, kacang2an yang banyak mengandung vit A. terapi ini bisa di lakukan selama 2 bulan, biasanya lensa mata akan kembali bening (normal) walaupun kadang kala tidak sampai 100% kembali normal apalagi jika katarak sudah terlanjur parah.

Baca juga : MAKANAN MUSANG RASE

Penyebab infeksi mata

infeksi mata seringkali sebagian besar di sebabkan oleh adanya virus yang menjangkiti mata, selebihnya adalah karena luka gores pada selaput kornea.

Baca juga : PENGALAMAN MEMBELI MUSANG BULAN

Pengobatan pada infeksi mata

Untuk mata yang lengket karena tertutup kotoran mata (belek), celup kapas di air hangat, pulaskan pada kotoran mata jangan ada tekanan pada mata, jika sudah bersih bisa di oleskan salep mata 2 x sehari.

Baca juga : MENGATASI MUSANG MENCRET

untuk pengobatan dari dalam tubuh berikan Cefixime 100mg berikan 1/4 kapsul berikan selama 5-7 hari.

Ada berbagai macam merk antibiotik obat mata seperti gentamicin, tricin, fenicol dsb. dapat di beli di apotik langsung.

Baca juga : MEMBUAT MUSANG PANDAN OBES

Demikianlah artikel yang pendek ini yang bisa ane share kali ini gaes, kalau semisal ada saran ataupun kritik buat ane bisa tulis komen dibawah ya gaes. Ma'af ane nggak punya tambahan gambar buat post ini, karena ane belum pernah punya musang yang katarak ataupun temen-temen komunitas gaes. Nanti bakal ane update buat tambahan gambarnya ya gaes kalau semisal nanti ada gambarnya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

0 komentar