Tips Membeli Iguana Untuk Hewan Peliharaan


Assalamu'alaikum Wr. Wb


Iguana merupakan binatang reptil eksotis Sehingga membuatnya banyak digemari oleh masyarakat. Bahkan penggemarnya meningkat di setiap tahunnya. Buat para pemula yang ingin memelihara iguana tentu tidak boleh sembarangan membeli iguana. 


Ditambah lagi hari ini penjual iguana tersebar dimana-mana. Asal-usul dan perawatannya juga belum jelas. Untuk itu, saya di sini akan berbagi supaya para pemula bisa jeli dan tidak menyesal di kemudian hari. Apa saja tipsnya?

Tips membeli iguana yang sehat dan aman buat siapa saja yang hendak memelihara sebaiknya perhatikan poin-poin di bawah ini. Namun jika kalian membelinya secara online maka kalian harus menanyakan poin-poin di bawah ini kepada penjualnya :


  • Hati-hati jika ada benjolan atau bengkak di bagian leher kepala dan gelambir. Karena bisa jadi itu adalah abses.
  • Pastikan penjualnya itu orang yang terpercaya. Dia benar-benar hobi memelihara iguana. Atau belilah kepada sesama komunitas.
  • Hati-hati apabila rahang bengkak. Ditakutkan itu adalah penyakit metabolik.
  • Pilih iguana yang kondisi fisiknya tegas, bersih, tidak ada lecet sedikitpun dan tidak ada luka di bagian dalam mulut (sehat).
  • Usahakan membeli iguana yang mata dan hidungnya tidak mengeluarkan lendir. Jika mengeluarkan lendir maka sudah dipastikan itu adalah penyakit parasit yang berada di saluran pernafasan.
  • Di bawah perut harus bersih dan tidak ada kotoran kering. Hal itu menandakan kalau iguana dirawat di dalam tempat yang bersih dan higienis.
  • Bagian-bagian tulang kecil seperti kaki ekor dan lain-lain tidak bengkak.
Itulah cara-cara memilih iguana yang sehat. Tips membeli iguana ini sangat berarti sekali buat yang belum paham tentang binatang iguana. Sekian dari kami terima kasih.


Wa'alaikumsalam Wr. Wb

0 komentar