Mengenal Musang Terbesar Binturong

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

cs.wikipedia.org
Hewan ini memiliki badan yang besar, dengan tampilan fisiknya mirip musang (yaa emang jenis musang si gaes) yang kuat tapi cukup menakutkan. Hewan apakah itu?

Spesies Terbesar Keluarga Musang

Dia adalah binturong atau dikenal juga sebagai Bearcat. Hewan pemakan daging (buah juga doyan siihhh :D) ini adalah spesies terbesar dalam keluarga musang atau Viverridae.

Baca juga : BERBAGAI ISTILAH DALAM MEMELIHARA MUSANG

Binturong dapat ditemukan di selatan dan Asia Tenggara. Seperti di Bangladesh, Bhutan, Myanmar, Provinsi Yunnan Tiongkok, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Nepal, Filipina (Palawan), Thailand, dan juga Vietnam.

Tampilan Fisik

pic from kaskus
Binturung memiliki berat sekitar 9-20 kg dengan panjang tubuhnya sebesar 60-96 cm. O iya gaes, ukuran bunturong betina lebih besar dari bunturung jantan, Kebayang nggak gaes kalau kalian punya pasangan yang lebih besar daripada ente ???????. Hewan ini memiliki bulu dengan warna yang bervariasi. Mulai dari hitam kecokelatan dengan putih perak, atau karat pada bagian ujungnya, yang membuat hewan ini seolah sudah berubah.

Baca juga : CARA MERAWAT BAYI MUSANG PANDAN

Meskipun binturong termasuk hewan pemakan daging misalnya seperti burung atau mamalia kecil, hewan ini juga memakan buah-buahan, sayuran, dan ikan. Binturong banyak beraktivitas di malam hari seperti layaknya musang yang lain, sedangkan di siang hari biasanya mereka tidur dan berjemur di bawah matahari.

Baca juga : MEMBUAT MUSANG PANDAN OBES

Ciri khas hewan ini adalah mengeluarkan aroma atau bau seperti popcorn yang dipanaskan dengan mentega. Bau itu berasal dari air seninya yang tersebar di cabang-cabang dan daun yang berada di sekitar mereka.

pic from kaskus
Berambut panjang dan kasar, berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan, dengan taburan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang. Ekor berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga terkesan gemuk. Ekor ini dapat digunakan untuk berpegangan pada dahan (prehensile tail), sebagai ‘kaki kelima’.

Sebagaimana umumnya musang, binturong terutama aktif di malam hari. Di atas pepohonan (arboreal) atau juga turun ke tanah (terestrial). Kadang-kadang ada juga yang bangun dan aktif di siang hari.

Baca juga : CIRI - CIRI MUSANG BIRAHI

Meski termasuk bangsa Carnivora, yang artinya pemakan daging atau pemangsa, makanan binturung terutama adalah buah-buahan masak di hutan, misalnya jenis-jenis ara (Ficus spp.). Hewan ini juga memakan pucuk dan daun-daun tumbuhan, telur, dan hewan-hewan kecil semisal burung dan hewan pengerat.

pic from kaskus
Pandai memanjat dan melompat dari dahan ke dahan, binturong biasanya bergerak tanpa tergesa-gesa di atas pohon (sekuuuttt). Ekornya digunakan untuk keseimbangan, atau kadang-kadang berpegangan manakala sedang meraih makanannya di ujung rerantingan. Cakarnya berkuku tajam dan melengkung, memungkinkannya untuk mencengkeram batang pohon dengan kuat. Kaki belakangnya dapat diputar ke belakang untuk memegang batang pohon, sehingga binturong dapat turun dengan cepat dengan kepala lebih dulu.

Binturong menyukai hutan-hutan primer dan sekunder, hanya kadang-kadang saja ditemukan di kebun di tepi hutan.

Hewan ini menyebar luas mulai dari dataran tinggi Sikkim hingga ke Tiongkok selatan, Burma, Indochina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Palawan.

Baca juga : CARA MEMBEDAKAN MUSANG JANTAN DAN BETINA

Di desa-desa pinggiran hutan, binturong sering dipelihara sebagai hewan kesayangan (pet). Orang menangkapnya ketika hewan ini masih kecil dan membiasakannya dengan kehidupan manusia. Dengan pemeliharaan yang baik, binturung dapat mencapai usia 20 tahun bisa lebih jika perawatannya dengan baik dan benar dalam tangkaran.

pic from kaskus
Sejalan dengan berkembangnya perdagangan, binturong juga diperjual belikan di pasar-pasar burung di kota. Selain itu, yang lebih mengancam kelestarian populasinya di alam, binturung juga diburu untuk diambil kulitnya yang berbulu tebal, dan untuk dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya sebagai bahan obat tradisional (jamu).

Baca juga : CIRI - CIRI MUSANG STRESS

Dalam konteks pemburuan ane akan memberi komentar ya gaes, untuk pemburuan pada hewan memang dibolehkan oleh pemerintah, tapi apakah iya si pemburu pada nggak punya otak ???? pilihlah hewan buruan yang pantas kalian buru, semoga kalian pada bisa berfikir realistis ya om, pakdhe, bapak, romo, pak bos !!!! Ane miris ketika melihat di forum atau group yang ada di sosial media, nggak cuman binturong saja yang mereka bantai. Sampai kucingpun jadi incaran mereka !! apa sih faedahnya ketika mereka melakukan perburuan??? mungkin sih iya ya mereka punya kepuasan sendiri ketika mereka memburu binatang, tapi kita mohon lah agar bisa memilah memilih ketika kalian melakukan perburuan hewan. BERFIKIRLAH SEBELUM KALIAN MENARIK PELATUK KALIAN !!!!

Ancaman lain datang dari kerusakan lingkungan di hutan-hutan di wilayah tropis sebagai akibat pembalakan yang serampangan. Hancurnya hutan mengakibatkan rusaknya habitat binturung, sehingga populasinya di alam terus menurun. Kini binturung termasuk hewan yang dikhawatirkan kelestariannya, dan dilindungi oleh undang-undang negara Republik Indonesia.

Baca juga : CARA MEMANDIKAN MUSANG

Mungkin itulah gaes sedikit pengertian tentang Binturong yang ane tahu, nggak lupa ane berterima kasih kepada MLI khususnya kepada MUSTIKA (Musang Batik Pekalongan) yang selalu mensupport semua artikel ane yang ane share dimari.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.





0 komentar