Penyebab dan Cara Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Penyebab dan Cara Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur

Bayi musang lumpuh, jalan mundur, kepala diseret-seret, kadang disertai dengan mulut berbusa. Hal itu kerap terjadi, terutama pada owner musang belum berpengalaman dalam memelihara musang.

Baby Musbul Punya si Mimin
Saya tulis ini untuk membantu owner musang yang memiliki bayi musang yang sakit, terutama bayi musang yang kepalanya terseret, bayi musang berjalan mundur, serta anak musang yang mulut berbusa. Cara memelihara anak musang bisa anda baca di artikel CARA MERAWAT BAYI MUSANG PANDAN

Mengobati musang yang kepala diseret-seret bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab bayi musang lumpuh. Berikut ini adalah penyebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur dan lumpuh:



1. Hipoglicemia, kadar gula rendah dalam darah

Musang lumpuh dan berjalan mundur karena hipoglicemia biasanya terjadi karena musang lupa diberi makan atau sengaja tidak diberi makan. Namun, biasanya kasus kelumpuhan karena hipoglicemia hanya terjadi pada bayi dan anak musang.

baca juga : Penyebab Musang katarak dan Cara Mengobatinya

2. Bakteri dan infeksi mulut

Penyebab kedua dari anak musang berjalan dengan kepada diseret-seret adalah karena adanya bakteri di mulut dan adanya infeksi di mulut musang. Biasanya, bayi musang lumpuh yang disebabkan oleh adanya bakteri dan infeksi mulut juga disertai dengan mulut musang yang mengeluarkan busa.

baca juga : Membedakan Antara Jinak dan Bonding

3. Keracunan

Hal ketiga yang menjadi biang kerok bayi musang sering jalan mundur dan di seret-seret adalah masuknya racun ke sistem pencernaan anak musang. Sama seperti penyebab kelumpuhan pada anak musang nomor 2, bayi musang berjalan mundur dan kepala diseret-seret akibat keracunan juga bisa menyebabkan musang berbusa mulutnya.

baca juga : Mengenal Musang Raksasa

4. Benturan pada kepala

Hal ini kerap terjadi pada bayi atau anak musang yang terbentur terali kandang agak keras. Kelumpuhan anak musang akibat benturan tidak disertai dengan mulut anak musang berbusa.

baca juga : Makanan Musang Rase

5. Malnutrisi

Poin kelima ini adalah hal yang paling sering menjadi penyebab anak musang berjalan terseret-seret. Selain kekurangan makanan dari ownernya, Malnutrisi juga terjadi karena bayi musang tidak lagi mendapatkan asupan susu dari induk musangnya. Maka, anak musang yang lumpuh akibat malnutrisi biasanya terjadi pada anak musang yang masih sangat muda, dibawah umur 2 bulan.
Dari beberapa sebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur serta berjalan dengan kepala terseret di atas, maka akan lebih baik jika anda melakukan treatment berikut ini untuk mengobati bayi musang yang lumpuh dan kepala terseret-seret:

Cek feses musang.Indikasi kesehatan musang yang paling mudah adalah melalui warna fesesnya (tahi). Musang yang sehat biasanya memiliki warna feses yang sama dengan warna makanan yang dimakannya dengan bau yang tidak terlalu menyengat. Feses musang dengan warna pucat atau berwarna mencolok dan memiliki bau menyengat, maka dipastikan ada yang salah dengan sistem pencernaan musang tersebut.

baca juga : Mengatasi Musang Mencret

Hal tersebut bisa menjadi penanda apakah ada bakteri (penyebab nomor 2) atau apakah musang tersebut keracunan (penyebab nomor 3). Selebihnya (selain penyebab nomor 2 dan nomor 3), maka biasanya warna feses akan normal.

baca juga : Cara Merawat Bayi Musang Pandan

Jika penyebab bayi musang lumpuh dan berjalan mundur adalah nomor 2 dan 3, maka sebaiknya perbaiki asupan makanan.Berikan makanan secara teratur. Juga, jaga kebersihkan kandang musang. Berikan juga air madu murni sebagai minuman musang anda. Dua hari sekali, berikan jus pepaya kepada bayi musang anda.

baca juga : Cara Menjinakkan Musang

Jika penyebab bayi musang berjalan mundur dengan kepala terseret-seret adalah selain nomor 2 dan 3, anda bisa memberikan asupan air gula aren kepada musang peliharaan anda.Air gula aren dibuat dengan mencampurkan 5 sendok makan cacahan halus gula aren dengan 1 setengah gelas air mineral. Aduk larutan air gula aren tersebut dan berikan kepada bayi musang setiap pagi dan sore sambil terus diberi makan secara rutin. Biasanya, bayi musang yang lumpuh akan sembuh.

Namun, tetap saja saran terbaik saya untuk mengobati bayi musang yang berjalan mundur dan mulutnya berbusa adalah dengan membawanya langsung ke dokter hewan.

baca juga : Ciri - ciri Musang Birahi

Diantara ketiga cara mengobati anak musang yang mulut berbusadi atas, poin keempat ini sebenarnya lebih saya tekankan bagi anda. Ya, sebaiknya bawa segera bayi musang ke dokter hewan terdekat. Anda bisa mencari alamat dan nomor telepon dokter hewan terdekat dengan rumah anda.

Sekian yang bisa saya sampaikan untuk Penyebab dand Cara Mengobati Bayi Musang Berjalan Mundur, kurang lebihnya saya ucapkan terima kasih :D

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

0 komentar